LAPORAN HASIL PUBLIKASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

Survei Kepuasan Masnyarakat (SKM) adalah sarana pengukuran secara konprehensif terhadap tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan dari penyelenggara layanan publik. Bagian Perekonomian dan Kerjasama Setda Kota Yogyakarta adalah salah satu penyelenggara layanan publik di Pemerintah Kota Yogyakarta. Layanan yang kami selenggarakan adalah Layanan terkait fasilitasi dan koordinasi di bidang Pembinaan BUMD dan BLUD, Pengendalian Perekonomian, UKM dan Ekonomi Kreatif serta fasilitasi Kerjasama Daerah, meliputi :

  1. Koordinasi dan fasilitasi terkait pembinaan BUMD dan BLUD yaitu penyiapan bahan rumusan kebijakan, pengkoordinasian dan fasilitasi serta pelaksanaan Analisa perkembangan dan pencapaian kinerja BUMD dan BLUD.
  2. Koordinasi dan Fasilitasi terkait pengendalian perekonomian, UKM dan Ekonomi Kreatif yaitu penyiapan bahan rumusan kebijakan, pengkoordinasian dan fasilitasi serta pemantauan dan pengevaluasian pengendalian perekonomian dan Ekonomi kreatif.
  3. Koordinasi dan Fasilitasi terkait Kerjasama Daerah yaitu penyiapan bahan rumusan kebijakan, pengkoordinasian dan fasilitasi serta pemantauan dan pengevaluasian penyelenggaraan kerjasama daerah.

SKM Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 7 - 29 Desember 2022  dengan 120 responden yaitu pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan komposisi sebagai berikut :

  1. Berdasar jenis kelamin :
    • laki-laki (57 orang)
    • perempuan.(63 orang)
  2. Berdasar tingkat pendidikan :
    • SMA/SMK (0 orang)
    • D III (5 orang)
    • S1 (59 orang)
    • S2 ke atas (56 orang)   

Nilai SKM yang diperoleh adalah 84,24 atau lebih tinggi sebesar 0,09 dari tahun yang lalu yaitu 84,15. Dengan demikian Mutu Pelayanan mendapat nilai B dan Kinerja Unit Pelayanan dianggap BAIK.

Bagian Perekonomian dan Kerjasama Setda Kota Yogyakarta terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan yang terbaik kepada pengguna layanan baik dari masyarakat umum maupun internal Pemerintah Kota Yogyakarta.